Advertisement

Ad 300x250

Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

By Kisah Alam - Sabtu, 13 Mei 2017 No Comments

Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami hidung tersumbat, mulai dari bayi hingga usia dewasa bisa terkena masalah yang satu ini dan membuat siapa saja yang mengalaminya terasa terganggu, terutama menganggu tidur. Hidung tersumbat bisa terjadi pada salah satu rongga hidung (hidung tersumbat sebelah) atau bisa juga kedua-duanya.

Penyebab Hidung Tersumbat

Penyakit ringan merupakan penyebab hidung tersumbat yang paling sering. Yang dimaksud penyakit ringan disini misalnya, common cold, flu, dan infeksi sinus. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat karena menimbulkan peradangan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat.

Menurut National Institutes of Health hidung tersumbat karena penyakit ringan diatas dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Untuk hidung tersumbat yang berlangsung lama, maka kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Rinitis Alergi Alergi serbuk sari Polip hidung (hidung tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah)
  • Paparan zat kimia Iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu. Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama)
  • Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau, massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbuh di bagian hidung)
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah-tengah, malah menyimpang alias mengot ke kanan atau ke kiri)
  • Sakit kepala cluster
  • Benda Asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair (ingus) berbau, biasanya hanya satu hidung.

Penyebab Hidung tersumbat yang jarang lainnya yaitu kehamilan, paling sering dimulai pada akhir trimester pertama. Hidung tersumbat ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung, menjadi meradang, kering, atau berdarah.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah (home remedies).

Jangan Membuang Ingus Kuat-kuat

Jika penyebab hidung tersumbat adalah karena flu atau disertai dengan ingus maka keluarkanlah dengan lembut, sebelah-sebelah secara bergantian. Membuang ingus terlalu kuat justru akan membuat lapisan dalam hidung tambah meradang walhasil bukannya meringankan malah memperberat penyumbatan hidung.

Menghirup Uap Air Panas

Kelembaban dan panas dari uap akan meringankan peradangan sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat dan akan membantu Anda bernapas lebih lega. Anda bebas menggunakannya sesuai keperluan.

Kompres hangat di atas hidung

Basahi kain handuk kecil dengan air panas (hangat) kemudian tempelkan pada batang hidung secara menyeluruh dan melebar ke pipi depan, sebaiknya posisi berbaring santai, agar cara ini optimal. Jika kain handuk sudah dingin basahi lagi dengan air hangat dan ulangi prosedur seperti di atas sampai Anda merasakan manfaat yang diharapkan.

Menghirup inhaler, balsem, atau minyak angin

Minyak angin, balsem, atau inhaler rata-rata mengandung menthol, eucalyptus, dan kamper yang dipercaya dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. Penggunaannya cukup simpel bisa langsung menghirup dari wadahnya, atau oles tipis tepat dibawah lubang hidung, atau dioleskan daerah sekitar leher.

Tidur Setengah Duduk

Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang makin parah ketika berbaring, cobalah untuk meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan di bawah kepala dan leher sedemikian rupa sehingga terlihat posisi setengah duduk. Hal ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung sehingga dapat menghilangkan hidung tersumbat (hukum gravitasi).

Makan makanan pedas

Jika Hidung tersumbat akibat adanya ingus yang kental dan susah dikeluarkan, maka cobalah konsumsi makanan atau minuman yang terasa agak pedas seperti wedang jahe atau sup ayam hangat dan sedikit pedas. Rasa pedas akan merangsang perlendiran sehingga membuat ingus lebih encer dan mudah dikeluarkan, nafaspun menjadi lega.

 

Mediskus

The post Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya appeared first on Halo Dunia.



from Tips – Halo Dunia http://ift.tt/2pIOo5v
via IFTTT

Tags:

No Comment to " Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya "