Advertisement

Ad 300x250

3 Hal Yang Harus Diketahui Pemotor Pemula Agar Aman Dan Selamat

By Kisah Alam - Selasa, 11 April 2017 No Comments
Jumlah motor sudah melebihi kapasitas seiring dengan meningkatnya angka penjualan motor berkolerasi dengan semakin banyaknya para pemotor pemula. Terlebih macetnya ibu kota membuat motor menjadi pilihan terbaik berkendara.

Namun sebelum mengendarai motor di jalan, seperti dikutip complex.com ada baiknya para pemotor pemula memperhatikan 3 hal berikut. Dengan demikian, diharapkan para pemotor pemula dapat berkendara secara aman dan nyaman.

1. Jaga konsentrasi
Dibandingkan dengan menyopir mobil, berkendara dengan motor mempunyai risiko lebih besar. Apalagi tidak seperti mobil, motor terkadang luput dari perhatian para penyeberang sehingga kerap terjadi kecelakaan.
Oleh karena itu, ada baiknya dapat mengontrol cara berkendara motor. Konsentrasi terhadap setiap tikungan dan perempatan di jalan. Antisipasi juga beragam bahaya yang mungkin saja bisa muncul. Dengan demikian, resiko-resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

2. Sesuaikan Spion Sebelum Berkendara
Tidak seperti spion mobil, spion motor seringkali berubah-ubah. Oleh karena itu, penting untuk mengatur posisi spion ulang sebelum berkendara. Set spion sesuai dengan kebutuhan, agar dapat melihat sekitar secara sempurna.

3. Cek kondisi motor
Menurut laman consumerreports, sebelum memulai perjalanan Anda, baiknya mencoba berkeliling terlebih dahulu dengan motor anda. Di saat itu anda bisa memastikan, lampu, klakson dan lampu sein. Cek juga rantai, breaker dan lainnya. Dengan begitu anda bisa semakin aman di berkendara di jalanan.

Demikian tips yang saya rangkum dengan sederhana, semoga bermanfaat bagi pemotor pemula. Ingat! Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. (rv)

Tags:

No Comment to " 3 Hal Yang Harus Diketahui Pemotor Pemula Agar Aman Dan Selamat "