Advertisement

Ad 300x250

6 Tips Liburan Asyik Ala Backpacker

By Kisah Alam - Senin, 10 April 2017 No Comments
Punya rencana liburan di bulan ini? Liburan merupakan aktivtas penyegaran yang dilakukan seseorang untuk mengatasi kepenatan. Liburan dipercaya mampu mengembalikan ketenangan. Melalui liburan, Anda bisa mengurangi stres akibat tugas atau pekerjaan.
Bagi yang punya pasangan, liburan merupakan sarana memperbaiki hubungan. Kadang-kadang, hubungan yang terlalu lama menimbulkan kejenuhan. Untuk menghindari terjadinya hal negatif, tidak ada salahnya, Anda pergi berlibur dengan pasangan. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dan melakukan banyak kegiatan.
Konon, tempat liburan berkaitan dengan kepribadian seseorang. Artinya, lokasi wisata yang dituju, mungkin menggambarkan karakternya. Misalnya, Anda gemar berlibur ke pantai, berarti kepribadiannya bersifat terbuka. Anda tipe orang yang supel dan tidak menutupi kekurangan diri.
Lain halnya ketika Anda memilih daerah pegunungan sebagai destinasi favorit. Kegemaran naik gunung atau menjelajah alam, melukiskan kepribadian yang gigih dan kreatif.
Terlepas dari semua itu, siapa pun membutuhkan liburan. Meskipun isi kantong tidak memungkinkan, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, yaitu menjadi backpacker.

  • Ingin tahu berbagai informasi sejarah?
Apa sih, backpacker itu? Mulanya, backpacker berasal dari kata backpack yang artinya tas punggung atau ransel. Itulah sebabnya, seorang backpacker identik dengan ransel. Backpacker digunakan sebagai sebutan orang yang melakukan perjalanan dengan penghematan, tetapi tetap mencapai kepuasan maksimal.
Banyak orang mengatakan, liburan ala backpacker sangat menyenangkan. Anda penasaran? Ini tips-tips liburan gaya backpacker.

  • Menentukan Tempat Tujuan Wisata
Destinasi wisata merupakan hal penting yang harus ditentukan sebelum liburan. Kalau bujet Anda terbatas, sebaiknya pilih tempat wisata di dalam kota. Tapi, jika kondisi keuangan memungkinkan, Anda bisa pergi ke luar kota atau pulau.
Sebaiknya, Anda melakukan riset mengenai tempat yang ingin dikunjungi. Cari tahu keadaan wilayahnya, transportasi, hingga kebudayaan setempat. Terutama saat Anda berencana liburan ke luar negeri, bahasa dan budayanya harus dikenali. Selain itu, Anda pun harus memiliki peta, sehingga tidak tersesat ketika berada di sana.
Peta memudahkan untuk mencari tempat tujuan wisata. Melalui peta, Anda bisa mengetahui jalur-jalur alternatif yang aman dan cepat sampai tujuan. Peta juga membantu Anda dalam mendapatkan penginapan dan kendaraan.
  • Memilih Jalur Laut dan Darat
Kereta Api - pixabay.com
Transportasi merupakan sarana penting selama liburan. Ke mana pun destinasi wisatanya, transportasi menjadi hal yang paling utama. Seorang backpacker, biasanya memilih jalur laut dan darat. Alasannya, tarif transportasi di jalur tersebut lebih murah ketimbang lewat udara.
Untuk jalur darat, kendaraan yang digunakan, antara lain mobil, motor, atau kereta api. Jika menumpang kereta api, sebaiknya pesan tiketnya jauh hari. Tujuannya agar tidak kehabisan tiket kereta api. Apalagi, kalau perginya pas musim liburan, otomatis kereta api menjadi kendaraan andalan. Akibatnya, Anda harus membeli tiket lebih cepat supaya mendapatkan bagian.
Sebelum membeli tiket, sebaiknya cek jadwal dan harga tiket kereta di Traveloka. Harga di Traveloka biasanya lebih murah dan pemesanannya juga sangat mudah. Pastikan tiket yang Anda beli sesuai dengan tanggalnya. Anda juga bisa melakukan pemesanan tiket melalui Traveloka sehingga tidak perlu melewati antrean.
Ingin hemat biaya transportasi? Gunakan saja kendaraan pribadi, misalnya motor. Periksa kelengkapan suratnya sebelum keberangkatan. Kondisi kendaraan pun harus fit dan mampu mencapai kilometer yang Anda tuju.
Kalau destinasi wisatanya lintas pulau, Anda bisa melewati jalur laut dengan menggunakan kapal. Umumnya, ada biaya tambahan ketika membawa motor atau mobil di garasi kapal. Namun, cara ini mampu menghemat biaya selama perjalanan di tempat tujuan.
  • Hindari Liburan Saat Tanggal Merah (masukkan keyword dan link)
Kemacetan - pixabay.com
Tidak dimungkiri, banyak orang mudik saat libur panjang. Terlebih, ketika tanggal merah tiga hari berturut-turut di akhir pekan. Jalur darat dipadati aneka kendaraan. Begitu pula dengan kereta api dan pesawat, selama itu tidak pernah sepi dari penumpang.
Sebaiknya, pilih tanggal liburan di luar musimnya. Tujuannya agar Anda tidak terjebak kemacetan. Jangan sampai maksud hati ingin liburan, malah kesal akibat parahnya jalanan.
Bagaimana kalau naik kereta api? Sama saja, tiket kereta api mudah ludes saat musim liburan dan tanggal merah. Mungkin, Anda tidak akan kebagian. Jadi, lebih baik cari aman dengan memilih waktu di luar musim liburan.
  • Menyewa Penginapan Ramah Kantong
Siesta Legian Hotel by Avilla Hospitality
Penginapan menjadi hal mutlak yang harus didapatkan saat liburan ke luar kota. Kota wisata, seperti Yogyakarta dan Bali, umumnya menyediakan beragam jenis penginapan. Ada hotel, motel, vila, sampai homestay.
Untuk menghemat biaya, carilah penginapan yang tarifnya di bawah 200 ribu rupiah per malam. Kalau pergi liburan bersama teman-teman, Anda bisa menyewa homestay. Harga sewa homestay tergolong lebih murah daripada kamar hotel. Biasanya, satu homestay memiliki minimal 3 kamar.
  • Membeli Makanan dan Minuman di Luar Tempat Wisata
Warteg - id.pinterest.com
Perjalanan jauh memicu rasa lapar lebih cepat dari biasanya. Mungkin, Anda mudah menemukan pedagang makanan dan minuman di tempat-tempat wisata. Tapi, perhatikan bujet keuangan Anda. Jika bujetnya tidak memungkinkan, Anda bisa membeli kebutuhan konsumsi di luar kawasan wisata.

Begitu pun ketika Anda ingin makan, sebaiknya pilih warteg (warung Tegal) atau tenda kaki lima. Harga makanan di sana lebih murah ketimbang di restoran atau rumah makan.
  • Mengabadikan Momen Terbaik Anda
kamera hp - artikel.pricearea.com
Liburan ke suatu tempat merupakan kegiatan yang menggembirakan. Apalagi, tempat tersebut memiliki panorama menawan, tentu Anda ingin mengabadikan. Biasanya, ada kawasan yang menyediakan layanan foto sekaligus pilihan latar belakangnya. Namun, untuk memanfaatkan layanan itu, Anda harus membayar.
Jika bujet terbatas, sebaiknya gunakan kamera pribadi. Anda bisa memakai kamera ponsel atau smartphone. Selain gratis, Anda pun bebas memilih latar belakang foto. Selain itu, Anda bisa mengabadikan momen terbaik sepanjang perjalanan.
Itulah tips-tips menarik seputar liburan ala backpacker. Anda memerlukan informasi penginapan dan tiket? Silakan klik link ini untuk menemukan kebutuhan Anda.

Tags:

No Comment to " 6 Tips Liburan Asyik Ala Backpacker "