Advertisement

Ad 300x250

Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Sejarah Perjuangan Kota Pahlawan

By Kisah Alam - Sabtu, 13 Mei 2017 No Comments

Tugu Pahlawan Surabaya berada di tengah-tengah kota, yaitu di Jalan Pahlawan Surabaya, dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Jadi bagi Sahabat Sporto yang hendak berkunjung ke sana, tidak perlu waktu lama untuk mencari kemudian berwisata sejarah di sana.

Sejak diresmikan Presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1952, monumen tersebut menjadi salah satu ikon Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektare, tugu itu secara administratif masuk wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Tinggi Tugu Pahlawan mencapai 41,15 meter, berbentuk lingga seperti paku terbalik. Permukaan monumen berupa lengkungan-lengkungan yang berjumlah sepuluh dan terbagi atas 11 ruas. Semua angka tersebut merupakan representatif dari 10 November 1945. Tanggal bersejarah bukan hanya bagi warga Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Kala itu, arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu, yang hendak menjajah Indonesia kembali. Kini tugu Pahlawan menjadi tempat perayaan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November. Acara-acara seperti pementasan drama kolosal, konser musik biasa dihelat di sana. Selain itu, tempat tersebut juga menjadi garis finis acara gerak jalan rute Mojokerto-Surabaya.

Menurut Gatot Barnowo, monumen ini diprakarsai Doel Arnowo, yang saat itu menjabat sebagai Kepala Daerah Kota Besar Surabaya. Kemudian ia meminta Ir. Tan untuk merancang gambar monumen yang dimaksud, untuk selanjutnya diajukan kepada Presiden Soekarno.

Sedangkan menurut Ir. Soendjasmono, pemrakarsa monumen ini adalah Ir. Soekarno sendiri. Ide ini mendapat perhatian khusus dari Doel Arnowo, yang kemudian perencanaan dan gambarnya diserahkan kepada Ir. R. Soeratmoko.

Tujuh meter di bawah lahan Tugu Pahlawan terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Selain itu, di museum itu juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Tempat wisata sejarah itu diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.

The post Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Sejarah Perjuangan Kota Pahlawan appeared first on Halo Dunia.



from Sejarah – Halo Dunia http://ift.tt/2qDRRY2
via IFTTT

No Comment to " Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Sejarah Perjuangan Kota Pahlawan "