Advertisement

Ad 300x250

Secangkir Kopi Lebih Manjur Atasi Nyeri Kronis Dibanding Minum Obat

By Kisah Alam - Minggu, 14 Mei 2017 No Comments

Jakarta, 15/05/2017 halodunia.net – Nyeri kronis kerap kali membuat orang harus mengalami ketergantungan obat. Padahal menurut penelitian, secangkir kopi lebih efektif meredakan nyeri akibat sakit kepala maupun radang sendi.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Medicine tersebut, para ilmuwan melakukan tiga eksperimen pada tikus. Ketiganya adalah injeksi kafein, obat pereda nyeri, dan memberikan lebih banyak waktu untuk tidur.

Pada kelompok tikus yang mendapat injeksi kopi, teramati adanya peningkatan dopamin yang memberikan rasa nyaman. Peningkatan hormon tersebut juga membuat sensitivitas terhadap rasa nyeri berkurang, dibuktikan dengan melambatnya reaksi ketika tikus-tikus diberi rangsang nyeri.

Efek yang sama juga teramati pada kelompok tikus yang dikondisikan untuk tidur lebih lama dibanding kelompok lain. Menariknya, pemberian obat pereda nyeri tidak lebih efektif dibanding pemberian kopi dan waktu tidur yang lebih lama.

“Tidak perlu menambat terlalu banyak waktu tidur untuk mendapat manfaat pereda nyeri, mungkin cukup satu jam lebih lama tiap malam. Lalu bisa diikuti dengan satu atau dua cangkir kopi di pagi hari,” kata Cliford Woolf dari Harvard Medical School, dikutip dari NYpost.

The post Secangkir Kopi Lebih Manjur Atasi Nyeri Kronis Dibanding Minum Obat appeared first on Halo Dunia.



from Tips – Halo Dunia http://ift.tt/2qHqPP8
via IFTTT

Tags:

No Comment to " Secangkir Kopi Lebih Manjur Atasi Nyeri Kronis Dibanding Minum Obat "