Advertisement

Ad 300x250

Cerita Pertemuan Sam Poo Kong Dengan Sunan Kalijaga

By Kisah Alam - Senin, 15 Mei 2017 No Comments

Sam Poo Kong adalah seorang pemuda yang sakti. Kepiawaian dan kesaktianya itu memunculkan kekhawatiran  dan ketakutan raja China, karenanya Sam Po Kong kemudian “diusir”, skenario khas istana akhirnya diterapkan.

Sam Poo Kong diberi tugas untuk menjelajah dunia. Diceritakan Sam Poo Kong menjadi sangat sangat sakti karena do’a dari sang ibu, tak henti-hentinya ibunya berdoa supaya kelak Sam Poo Kong menjadi seorang yang tangguh dan disegani.

Sam Poo Kong yang memang masih membara semangatnya kemudian meninggalkan istana, memenuhi tugas dari sang Raja. Ia berlayar meninggalkan daratan China pada tengah malam, dan tanpa meminta izin dari ibunya. Begitu sang ibu sadar bahwa anaknya sudah pergi, maka ibunya pun mencari anak kesayangannya itu. Singkat cerita, ibunya terjatuh ke laut dan meninggal.

Di perjalanan Sam Poo Kong mendengar bahwa di tanah Jawa terdapat seseorang yang terkenal memiliki ilmu yang tinggi. Maka berlayarlah ia ke Jawa dan mencari siapa gerangan si sakti itu yang ternyata adalah Sunan Kalijaga.

Ketika Sam Poo Kong bertemu dengan Sunan Kalijaga di Jawa, maka langsung saja terjadi adu kesaktian di antara mereka. Sam Poo Kong yang memperlihatkan segala sepak terjang dan masa lalu Sunan Kalijaga. Ibarat video, masa lalu Sunan Kalijaga tersingkap semuanya. Sam Poo Kong berucap, bagaimana mungkin seorang wali dan suci demikian kelakukan dan masa lalunya. Mendengar kata-kata Sam Poo Kong, Sunan Kalijaga menjawab, setiap manusia memiliki masa lalunya masing-masing. Namun bila manusia mau dengan sungguh-sungguh bertobat, sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sunan Kalijaga kemudian juga memperlihatkan masa lalu Sam Poo kong. Digambarkan bahwa Sam Poo Kong meninggalkan China tanpa izin dari sang ibu. Ibunya terlihat mencarinya, dan terperosok ke dalam laut. Dan meninggal. Sunan Kalijaga berujar, apa guna sakti mandraguna bila ternyata kau adalah seorang anak yang durhaka. Seketika itu Sam Poo Kong merasa sangat sedih, dan tanpa sadar memeluk tembok.

Dikisahkan sejak saat itu Sam Poo Kong sadar akan kekeliruanya dan akhirnya berguru kepada Sunan Kalijaga. Ia belajar ilmu-ilmu agama kepada Sunan Kalijaga hingga ia menjadi seorang dengan nama besar pula yang di kemudian hari dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho.

The post Cerita Pertemuan Sam Poo Kong Dengan Sunan Kalijaga appeared first on Halo Dunia.



from Sejarah – Halo Dunia http://ift.tt/2rgUqeI
via IFTTT

No Comment to " Cerita Pertemuan Sam Poo Kong Dengan Sunan Kalijaga "