Advertisement

Ad 300x250

Cara Mengatur Android Agar Kecanggihanya Dapat Maksimal Digunakan

By Kisah Alam - Sabtu, 17 Juni 2017 No Comments


Hampir semua penduduk dunia mengakui bahwa smartphone telah membuat hidup kita jauh lebih mudah. Tapi, yakinkah kamu sudah maksimal menggunakan smartphone Android milikmu?

Sebenarnya ada beberapa Smart Settings atau pengaturan pintar supaya kamu bisa mengenali smartphone Android milikmu secara lebih dekat. Sehingga kehadirannya bisa bikin hidup kamu lebih praktis.

Kemutahiran Android, bagaimanapun tergantung pada penggunanya juga. Berikut 5 Cara Setelan yang bikin Android kamu jadi sehebat Google Pixel atau Android Nougat.

1. Aktifkan Smart Lock

Android-Smart-Lock

Setiap kali akan menggunakan smartphone, tentunya kita harus membuka kunci layar. Tapi kalau boleh jujur, itu sangat merepotkan. Apalagi jika kamu mengamankannya dengan password atau PIN.
Ada cara yang lebih baik untuk membiarkan smartphone kamu tidak terkunci dalam kondisi tertentu. Inilah fitur Smart Lock, yang dapat menjaga smartphone kamu tidak terkunci saat kamu berada di lokasi tertentu, misalnya saat di rumah atau saat terhubung WiFi kantor, dan lainnya.

Itulah ide di balik Smart Lock. Setelah diaktifkan, (cukup tekan Pengaturan> Keamanan> Smart Lock untuk memulai), kamu dapat mengatur Smart Lock untuk membuka smartphone setiap kali kamu tiba di rumah, ketika mendengar suara kamu, atau setiap kali terhubung dengan perangkat yang kamu atur.

2. Katakan Kepada Google Now di Mana Kamu Tinggal dan Bekerja

Katakan-Kepada-Google-Now-Di-Mana-Kamu-Tinggal-dan-Bekerja

Google Assistant mungkin sekarang mendapatkan perhatian, tapi Google Now belum ketinggalan zaman dan tetap menawarkan sesuatu yang kamu butuhkan. Kamu dapat membantu Google Now melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan menampilkan berbagai saran cerdas.

Cara mengaturnya mudah, buka Google Now, tekan tombol menu di pojok kiri atas layar, pilih ‘Customize’, kemudian mulai mengisi preferensi kamu. Selanjutnya, pastikan untuk membiarkan Google Now tahu di mana kamu tinggal dan bekerja. Sekali kamu melakukannya, fitur itu akan membiarkan kamu tahu berapa lama perjalanan kamu, bahkan sebelum kamu bertanya.

Kamu juga dapat melihat serangkaian kategori yang akan membiarkan Google Now memberikan petunjuk lebih lanjut tentang hal-hal yang kamu suka. Seperti menampilkan berita dari situs web favorit kamu, pemberitahuan tentang info tim olahraga, layanan streaming favorit, dan banyak lagi.

3. Butuh Sesuatu, Katakan ‘OK Google’ dari Mana Saja

Butuh Sesuatu, Katakan 'OK Google' Dari Mana Saja

Butuh mengetahui sesuatu, tanya langsung saja dengan sebut namanya yakni ‘OK Google‘ dari mana saja, bahkan ketika smartphone terkunci. Cara mengaktifkannya buka Settings Google Now > Voice > Google Now detection.

Tapi, untuk saat ini kamu bisa menikmati fitur ini hanya jika kamu menggunakan bahasa Inggris. Kamu akan diminta untuk melatih smartphone Android kamu untuk mengenali suara kamu, dengan mengatakan ‘OK Google’ sebanyak tiga kali.

Setelah smartphone kamu terlatih, kamu dapat mengatakan sesuatu bahkan jika smartphone kamu terkunci. Oh iya, kamu juga dapat mengaktifkan ‘Trusted Voice’ untuk membiarkan Google Now membuka ponsel kamu ketika mendengar suara kamu. Berarti kamu akan dapat menggunakan smartphone tanpa harus secara manualmembuka kunci layar.

4. Atur Waktu untuk Menghemat Baterai

Battery Saver

Kadang kala, kita membutuhkan smartphone hidup lebih lama dan kita bisa memanfaatkan mode Battery Saver, yang memungkinkan kamu mengatur smartphone dalam keadaan daya rendah setiap kali baterai kamu hampir habis. Smartphone Android kamu cukup pintar untuk mengerem aktivitas di latar belakang.

Untuk mengaturnya buka Settings > Battery > Battery Saver > Turn on automatically. Kamu dapat mengatur kapan smartphone pindah mode, pada saat baterai smartphone tinggal 5 persen atau 15 persen.

5. Silent Secara Otomatis Selama Meeting dan Waktu Tenang Lainnya

Do Not Disturb

Suara notifikasi yang keras dari smartphone tentunya sangat mengganggu saat kamu sedang melakukan meeting atau waktu tenang lainnya. Kadang kita repot-repot menurunkan volume suara agar dalam mode diam. Bagaimana kalau lupa?

Tapi sekarang kamu tidak perlu mengkhawatirkan itu, kamu dapat mengatur mode Do Not Disturb di Android untuk membungkam mulut smartphone Android kamu secara otomatis selama meeting, makan malam, dan waktu tenang lainnya.

Nyalakan fitur Do Not Disturb di pengaturan dan atur sesuai kebutuhan kamu. Jangan khawatir, kamu masih tetap dapat mengatur panggilan tertentu yang masih bisa masuk.

No Comment to " Cara Mengatur Android Agar Kecanggihanya Dapat Maksimal Digunakan "